Jumat, 19 Februari 2010

WALI WALI ALLOH. SIAPA SESUNGGUHNYA MEREKA???!!!

Syaikh Al Allaamah Hafidz Ibn Ahmad Al Hakamy dalam A`laamussunnah al mansyuroh beliau berkata dalam soal jawabnya" SIAPAKAH MEREKA WALI WALI ALLOH ITU?"
Jawab "mereka adalah setiap orang yang beriman kepada Alloh dan bertakwa kepada Nya serta mengikuti Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam, Alloh Ta`ala berfirman

ألا إن أولياء الله لا خوف عليهم ولا هم يحزنون (62) الذين آمنوا وكانوا يتقون
Ketahuilah!! sesungguhnya wali wali Alloh itu tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati. yaitu orang orang yang beriman dan senantiasa bertakwa.


إنما وليكم الله ورسوله والذين آمنوا الذين يقيمون الصلاة ويؤتون الزكاة وهم راكعون

ومن يتول الله ورسوله والذين آمنوا فإن حزب الله هم الغالبون

Sesungguhnya wali bagimu (penolongmu) hanyalah Alloh, Rosul Nya dan orang orang yang beriman, yang mendirikan sholat dan menunaikan zakat seraya tunduk kepada Alloh. dan barangsiapa yang menjadikan Alloh,Rosul Nya dan orang orang beriman sebagai penolongnya, maka sungguh, pengikut (agama)Alloh itulah yang menang. Al Maidah 55-56.

dan Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :
إن آل أبي فلان ليسوا لي بألياء إنما أولياِءي المتقون

Sesungguhnya keluarga abi fulan bukanlah mereka itu wali wali ku, hanyalah wali waliku adalah orang orang yang bertakwa. (HR Al Bukhory, Muslim, Ahmad, Abu Dawud)

Berkata Imam Hasan Al Bashry Rahimahulloh Suatu kaum mengaku mencintai Alloh, maka Alloh uji mereka dengan ayat ini:

قل إن كنتم تحبون الله فاتبعوني يحببكم الله ويغفر لكم ذنوبكم والله غفور رحيم

katakan (ya nabiyalloh )" jika kalian mencintai Alloh maka ikutilah aku (Nabi) maka Alloh akan mencintai kalian dan mengampuni dosa dosa kalian, dan Alloh maha pengampun dan maha kasih sayang.

Dan berkata Al Imam As Syafi`i Rahimahulloh "Apabila kalian melihat seorang yang berjalan di atas air atau terbang di udara, maka janganlah kalian benarkan dan jangan pula tertipu dengannya, hingga kalian tahu benar bahwa dia mengikuti Rosululloh shollallohu `alaihi wasallam.

(A`lamus sunnah Al Mansyuroh hal 123 ).

Jadi yang dimaksud wali wali Alloh ta`ala adalah mereka yang bertakwa, mereka yang mentauhidkan Alloh, tidak mensyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun dan mereka yang benar benar mengikuti sunnah Rosululloh shollallohu `alaihi wasallam dan menjauhi segala bentuk kebid`ahan, merekalah Ahlussunnah wal jama`ah yang sesungguhnya.
Tidaklah hal hal yang terjadi pada manusia dari keanehan keanehan, atau keluarbiasaan (khoriqul `aadah)sebagai tanda kesholihan seseorang. maka perhatikanlah nasehat Al Imam As Syafi`i diatas, juga belajarlah dari hadits hadits tentang Dajjal akhir zaman, seorang yang padanya segudang keluarbiasaan, bersama itu dia adalah seorang yang kafir dan sbg fitnah yang jelek bagi manusia. Na`udzu billahi min fitnati masyihid dajjaal. Allohu A`lam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template